Cara Mengatasi Lan Card Onboard Bermasalah

Posted by Nocturno Software




Lan Card Bermasalah..??

Disini gue mau sedikit berbagi cerita tentang pengalaman gue dalam mengatasi Lan Card yang bermasalah.
Saat menuliskan artikel ini, sudah tiga kali gue mendapatkan masalah yang sama pada Lan Card di komputer gue (komputer yang berbeda).

Masalahnya, yaitu tiba-tiba saja sambungan LAN terputus.
Setelah gue cek setting, tidak ada yang berubah. gue cek Driver, OK.
Cek di Resources device, no conflict, cek kabel OK.

Akhirnya berbagai cara gue lakukan hingga berujung pada install ulang.
Tapi sungguh Naas nasib gue, Lan Card tetap tidak mau berfungsi,
Padahal lampu indikator LAN sudah menyala.

Pusing tujuh keliling.
Browsinglah kesana kemari, ga ada solusi yang tepat... informasi yang gue dapat mayoritas menjelaskan identifikasi hardware yang mendeteksi kabel, setting IP Address, Kesalahan memasang RJ45, dan ujung2nya ganti LAN Card. (MALES AH..)

Akhirnya gue putuskan untuk melepaskan baterai CMOS, lalu jumper cmos pada posisi CLEAR. hingga yang terjadi CMOS harus diset ulang.

Sedikit berdebar menunggu tampilan Logon Windows.
Dan Setelah itu gue langsung pasang kabel LAN ke portnya. .
Dengan penuh berharap, gue lanjutkan mengatur IP Addres Dsb.

TRING...!!!.
Akhirnya tersambung juga.... spontan gue mengambil nafas LEEEGGGAAAAAA..... dan akhirnya teratasi masalah dengan solusi tersebut..

Semoga tulisan ini bermanfaat jika ada diantara para pembaca yang mengalami masalah yang sama.

Related Post



Anonymous said...

aye... batre CMOS yg man ya :)

Unknown said...

"Akhirnya gue putuskan untuk melepaskan baterai CMOS, lalu jumper cmos pada posisi CLEAR. hingga yang terjadi CMOS harus diset ulang."
gan, maksud dari kata2 itu gimana ya gan ? solusinya lebih spesifik dong tolong. terima kasih

Post a Comment

Pengunjung yang baik, adalah pengunjung yang senang memberi tanggapan.
Dengan kata-kata yang sopan tentunya...